26 Juli 2008

Investasi Peternakan Kurang dari 5 Persen

BANDUNG, (PR).-
Pengembangan investasi di sektor peternakan oleh investor khususnya PMA/PMDN belum menunjukkan pertumbuhan yang baik, rata-rata per tahun hanya diminati kurang dari 5 persen total investasi nasional. Hal ini karena belum ada kebijakan yang spesifik dan kondusif guna mendukung potensi besar sektor peternakan.

Dalam ajang wicara (talkshow) "Sosialisasi Investasi Bidang Peternakan" yang diselenggarakan dalam rangkaian HKP ke-36 di Tasikmalaya terungkap untuk pengembangan investasi dapat ditempuh melalui PMA/PMDN maupun yang dibentuk dengan kluster-kluster sehingga ada jaminan perbankan bagi usaha peternakan tersebut.

"Untuk mendorong investasi, diperlukan adanya avalis, baik melalui perusahaan penjaminan maupun dari anggaran pembangunan serta memperkuat sentra-sentra komoditas unggulan agrobisnis peternakan di setiap daerah di Jawa Barat," ujar Ir. Koesmayadie T.P., Kasubdin Bina Program Dinas Peternakan Jabar seusai ajang wicara pada "PR", kemarin.

Sedangkan untuk keamanan dan kenyamanan berinvestasi di bidang usaha peternakan bagi peternakan rakyat maupun perusahaan, diperlukan regulasi atau peraturan-peraturan yang jelas dan kondusif di samping adanya kemudahan dalam berinvestasi, kepastian pasar, dan tingkat harga yang menarik.

"Dalam permodalan, perlu ada kemudahan kredit usaha peternakan yang mudah diakses oleh petani peternak. "Kalau bisa ternak dapat dijadikan agunan atau jaminan," katanya.

Selain itu, peternak memerlukan grace period yang cukup panjang, tingkat suku bunga investasi ringan dengan jumlah yang memadai. Ajang wicara menghadirkan Direktur Jenderal Peternakan, Departemen Pertanian, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat, Kepala BPPMD Provinsi Jawa Barat, serta pembicara dari Kepala Bidang Ekonomi Regional Bapeda Provinsi Jawa Barat dan Kepala Bagian Kredit Program Bank Jabar, pembahas dari tenaga ahli dan juga hasil diskusi dengan pemangku kepentingan bidang peternakan. (A-122)***

Sumber :Pikiran Rakyat, Sabtu 26 Juli 2008


0 komentar:

 
Tutorial Blogspot©