08 Agustus 2008

Laporan dari Wageningen
Cabe Varitas Baru, Tak Perlu Lagi Pestisida
Eddi Santosa - detikNews

Wageningen - Sebentar lagi akan hadir varitas cabe tahan penyakit, tak perlu lagi obat atau pestisida. Riset Syarifin Firdaus, Universitas Wageningen Belanda, ini membuat petani bisa irit ongkos produksi.

Riset ini bagian dari major project yang didanai oleh pemerintah Belanda (KNAW) melalui program khusus Scientific Program Indonesia-The Netherlands (SPIN), bagian dari kerjasama peneliti Belanda dan Indonesia. Major project ini dinamai Indosol alias Indonesian Solanacea.

Sesuai dengan nama proyek, tanaman yang diteliti tidak hanya cabe tetapi juga tanaman bernilai ekonomi lainnya yang masih satu famili Solanacea.

"Banyaknya komoditi penting pertanian dari anggota famili Solanaceae ini, seperti cabe, tomat, kentang, terong, tembakau, merupakan latarbelakang proyek ini," terang Firdaus saat dikunjungi detikcom di greenhouse Unifarm, Universitas Wageningen, Rabu (6/8/2008).

Di kompleks universitas berjarak 220km p.p dari Den Haag ini Firdaus, jebolan FMIPA Universitas Negeri Malang yang saat ini sedang menempuh program Phd di Universitas Wageningen, menjelaskan bahwa tujuan dari penelitiannya adalah untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas tanaman-tanaman tersebut.

Menurut Firdaus, penanaman famili Solanaceae secara umum sangat dibatasi tumbuh dan produksinya oleh berbagai macam hama dan penyakit. Terutama di Indonesia yang iklimnya ideal bagi beragam hama dan penyakit tanaman dan sistem cocok-tanamnya di lahan terbuka. Beragam hama dan penyakit itulah yang menyebabkan tingginya proses produksi (pengendalian hama penyakit) dan bahkan produksi bisa menurun.

Untuk mendapatkan varitas baru yang tahan penyakit itu, dia mengambil faktor unggul dari gen-gen cabe dan tomat jenis liar yang memiliki pertahanan kemampuan mengusir atau bahkan membunuh berbagai hama dan penyakit tersebut.

"Melalui riset dan breeding (pembiakan, red) dipelajari mekanisme pertahanan tanaman ini dan memindahkan gen-gen terkait pertahanan ke tomat dan cabai komersial," demikian Firdaus.

Varitas baru tersebut, yang saat ini belum disediakan nama, kelak selain akan menguntungkan petani juga para konsumen. Konsumen bisa menikmati cabe, tomat dan tanaman dari famili Solanacea yang bebas pestisida atau obat kimia lainnya.(es/es)

Sumber : Detik News, jum'at 8 Agustus 2008

0 komentar:

 
Tutorial Blogspot©