08 Agustus 2008

Pembelian Emas oleh Petani Tinggi

MAJALENGKA, (PR).-
Minat para petani pada sejumlah daerah di Jabar membeli emas kembali meningkat sejak setahun terakhir, menyusul membaiknya pendapatan usaha mereka. Perkembangan itu dialami di Kab. Majalengka, Subang, dan Purwakarta, di mana pembelian emas oleh petani rata-rata naik sampai 20 persen.

Pebisnis emas Jabar, H.M. Yunus Sanusi, di Majalengka, Kamis (7/8) mengatakan, meningkatnya pembelian emas di daerah-daerah tersebut, kebanyakan para petani yang mengusahakan sayuran, terutama jagung hibrida. Terus naiknya harga jagung, membuat hasil usaha petani yang mengusahakannya juga ikut naik.

Kondisi itu tidak terlepas tidak masuknya impor jagung ke Indonesia sehingga situasinya berpihak kepada para petani lokal yang mengusahakan tanaman jagung. Pada musim kemarau ini memang banyak tanaman jagung yang gagal panen atau produksinya menurun, namun petaninya tetap memperoleh keuntungan berlipat karena harganya naik.

Akan tetapi, menurut Yunus, kondisi berbeda dialami para petani padi. Dari kalangan mereka pembelian emas cenderung stagnan, diduga akibat sistem dan selisih hasil usahanya tak sebaik petani yang mengusahakan jagung.

Yang membedakan dengan tahun-tahun silam, dikatakan, kemampuan rata-rata petani untuk membeli emas yang kini menurun. Apalagi harga emas sudah terlalu tinggi dibanding nilai tukar hasil pertanian. (A-81)***

Sumber : Pikiran Rakyat, Jum'at 8 Agustus 2008


0 komentar:

 
Tutorial Blogspot©