20 Juli 2008

Peternak Sapi Mulai Susah Cari Pakan
Minggu, 20 Juli 2008 , 17:29:00

GARUT, (PRLM),- Musim kemarau sekarang ini, tidak hanya dirasakan petani saja, namun berdampak kepada peternak yang sulit mencari rumput untuk pakan ternaknya.

Seperti yang terjadi di Kampung Cipondok RT 01 RW 04 Desa Sindangsari Kecamatan Cigedug Garut, para peternak sapi yang membutuhkan lebih banyak pakan kini beralih ke jerami padi. Bahkan untuk memenuhi nutrisi pakan tersebut, batang pohon pisang pun kini terpaksa dijadikan pakan ternak sapi.

Menurut Aay Rachmat, Minggu (20/7), peternak sapi di Kampoung Cipondok, sejak beberapa minggu terakhir ini ketersediaan rumput mulai mengurang. Bahkan dirinya bersama peternak lain terpaksa harus mencari rumput ke luar kampung.

“Mejelang kemarau ini rumput memang sulit didapat, sehingga kami terpaksa mencari ke daerah lain,” ujarnya.

Hanya untuk pakan tambahan, lanjut Aay, dirinya terpaksa memberikan jerami padi, bekas memanen sebagai bahan tambahan makanan sapi tersebut. Tetapi untuk mendapatkannya, ia terpaksa harus mencari ke luar daerah yang jaraknya cukup jauh sampai puluhan kilometer.

“Karena rumput susah dicari terpaksa kami memanfaatkan jerami. Tetapi jarak yang harus ditempuh pun cukup jauh sampai puluhan kilometer seperti ke daerah Samarang dan Bayongbong,” ujarnya.

Aay mengungkapkan, para peternak terpaksa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mencari pakan ternak. Sedangkan harga susu sapi di Koperasi Unit Desa (KUD) cenderung tetap.

Sementara itu, untuk tetap dapat menjual susu hasil perahannya tersebut, yang bekerja sama dengan pihak KUD hanya mampu memfasilitasi 2 unit kendaraan untuk mengangkut jerami, yang jaraknya mencapai puluhan kilometer itu. Sedangkan masalah ongkos dan buruh serta sopir dibebankan kepada para peternak.

“Supaya ternak kami tetap menghasilkan produksi susu yang baik, terpaksa berjalan dengan mengambil jerami meski ada penambahan biaya bagi ternak,” tuturnya. (A-14/A-147)***

Sumber : Pikiran Rakyat Online, Minggu 20 Juli 2008


0 komentar:

 
Tutorial Blogspot©