06 Juli 2008

Jakarta Butuh 250 Kg Asparagus per Hari
Jum'at, 04 Juli 2008 , 12:49:00


BOGOR, (PRLM).- Jakarta membutuhkan minimal 250 kg/hari sayuran asparagus, untuk dikonsumsi oleh masyarakatnya. Guna memenuhi target tersebut Agribusiness Development Centre University Farm IPB menargetkan sekitar 20 hektar lahan petani untuk di tanami sayuran itu.

Kepala ADCUF IPB, Dr. Ir. Anas D Susila saat pertemuan dengan wartawan di Agribusiness Development Centre University Farm (ADC UF) IPB, Kampus IPB Darmaga, Bogor menyebutkan, asparagus berasal dan banyak ditanam di Amerika, khususnya Amerika Utara, antara lain Lembah California, Sacramento, New Jersey, Carolina Selatan, dan Illinois.

Rebung asparagus yang diambil sebagai sayuran adalah rebung yang besar berwarna putih , lunak, dan gemuk. "Teknologi yang sudah siap diterapkan oleh kami adalah tanaman sayur asparagus, pasarnya sudah siap, salah satunya kota Jakarta membutuhkan 250 kg perhari" kata Anas.

Menurutnya, ADC UF IPB yang merupakan kerjasama dengan Taiwan yang dibangun pada September 2006 lalu ini diarahkan untuk menyelaraskan sumberdaya yang ada untuk mengembangkan produk pertanian yang berpotensi di pasar. Arahnya pada teknik pertanian modern, mendorong pertumbuhan industri hortikultura dan usaha agrobisnis di Indonesia serta membangun sisitem pemasaran yang efektif guna meningkatkan pendapatan petani.

"Kami di sini hanya mendidik petani agar mereka bisa mandiri, terutama dalam produksi maupun penanganan pasca panen. Untuk aspek pasar kita serahkan kepada mereka," ujarnya lagi.

Pada pertemuan itu hadir juga Dubes Taiwan Yang Chin Tien, Wakil Dubes Taiwan Li Tie Kang, Kepala Misi Teknik Taiwan Lee Ching Shui, Wakil Dekan Faperta Aris Munandar, Sekretaris LPPM IPB Dr.Suryahadi. (A-122)

Sumber : Pikiran Rakyat Online, Jum'at 4 Juli 2008

0 komentar:

 
Tutorial Blogspot©