23 Januari 2008

PPNSI Beri Bantuan Traktor dan Pompa Air

PPNSI Beri Bantuan Traktor dan Pompa Air
Indramayu, Pelita
Perhimpunan Petani Nelayan Sejahtera Indonesia (PPNSI) Kabupaten Indramayu, memberikan bantuan berupa mesin traktor untuk petani didaerah tersebut. Menurut Ketua Bidang Jaringan dan Advokasi PPNSI Jawa Barat, Muhammad Zaidi. MAg, kepada Pelita, Selasa (22/1/2008), kiprah PPNSI yakni membantu program pemerintah daerah dalam upaya pemberdayaan masyarakat Indramayu.
Wilayah garapan pemberdayaan di Indramayu begitu luas, baik secara geografis maupun bidang kerjanya. Sehingga perlu partisipasi banyak pihak untuk menyentuh mereka dengan program-program riil yang bisa langsung dirasakan dan meningkatkan kesejahteraan petani, ujarnya.
Menurutnya, kehadiran PPNSI di Indramayu juga ikut melengkapi keberadaan perkumpulan petani yang benar-benar melaksanakan program pemberdayaan masyarakat. Beberapa waktu yang lalu, PPNSI memfasilitasi bantuan peralatan pertanian dari Menteri Pertanian RI, Anton Apriyantono berupa dua unit traktor dan tiga unit mesin pompa air.
Kelompok Tani (Poktan) yang mendapat bantuan tersebut yakni Poktan Al-Barokah Kandanghaur, Poktan Mekar Gantar, Poktan Jembulu Telukagung, Poktan Balereja Gantar, dan Poktan Buaya Jaya Arahan. Selain itu, kata Zaidi, saat ini PPNSI juga tengah mengembangkan budidaya Bunga Rosella di Desa Balereja Kecamatan Gantar seluas 2 Ha sejak tahun 2007. Hal serupa juga dilakukan diwilayah Kecamatan Cikedung, Rosella saat ini dikenal luas sebagai bahan minuman kesehatan.
Disektor peternakan, lanjut Zaidi, PPNSI mendampingi kelompok ternak UD Bersama dan Lembaga Mandiri yang Mengakar pada Masyarakat (LM3) di Sindang sejak tahun 2006. Tak kurang dari 660 ekor domba dan 17 sapi yang dibudidayakan petani anggota lembaga tersebut telah terjual pada Idul Adha yang lalu. Target tahun depan adalah sebanyak 1.000 ekor domba dan kambing, katanya.
Lebih lanjut dikatakan Zaidi, PPNSI juga mendampingi pengembangan dan pemasaran hasil produksi petani Sindang melalui koperasi Bina Sejahtera (Bisa). Dalam empat bulan ini, Koperasi Serba Usaha yang beralamat di Desa Teluk agung Kecamatan Indramayu itu telah melakukan penjualan beras kepulauan Batam tujuh kali, masing-masing pengiriman sebanyak 23 ton atau total 182 ton. (ck-004)

Sumber : Harian Umum Pelita, edisi Minggu,22 Januari 2008

0 komentar:

 
Tutorial Blogspot©